Balai KA Sulsel Tindak Lanjuti Komisi I DPRD Barru, Turun Identifikasi Ke Lokasi Terkait Drainase Terowongan KA di Barru


BARRU - Kibarbarru.com Balai Perkeretaapian Sulawesi Selatan Kementrerian Perhubungan menindak lanjuti hasil pertemuan antara Komisi I DPRD Barru dan Balai KA Sulsel.

PT.CRI memulai pantauannya bersama rombongan Balai Perkeretaapian Sulawesi Selatan di terowongan KA Sulsel BC10 di Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Selasa (24/01/2023).

Melalui Pihak Balai KA Sulsel yaitu PT. Celebes Railway Indonesia turun kelapangan mengidentifikasi permasalahan terkait banjir yang mengganggu aktivitas warga disaat musim hujan.

Menurut Natsir dari PT. CRI mengungkapkan bahwa rombongan kami turun atas tindak lanjut dari pertemuan dengan komisi I DPRD Barru.

Dirinya menuturkan bahwa kami turun ke lokasi terowonngan KA Sulsel di Barru untuk mengidentifikasi penyebab dan membuat laporan dalam menetapkan solusinya, hingga meminimalisir dampak banjir yang terjadi.


Meski peyebab sebenarnya ialah akibat luapan air sungai yang mengalami pendangkalan akibat sedimentasi, menurutnya butuh kerjasama antara semua instansi yang berwenang dalam menuntaskan permasalahan,karena penyebab utamanya ialah pendangkalan sungai.tuturnya

Sebelumnya Persoalan Banjir dan drainase terowongan KA Sulsel di Barru disuarakan H.Syahrullah Asief Bersama Anggota DPRD melalui Komisi I DPRD Kabupaten Barru.

H.Reza menuturkan perlu adanya solusi jangka pendek dan jangka panjang, jangka pendeknya ialah memperbaiki jalan yang telah berlubang, sambari jangka panjangnya ialah membangun drainase yang mengalirkan air ke sungai.

Dampak Banjir di Desa Lalabata ketika hujan, mampu memutus Aktifitas ekonomi warga dan aktivitas pemerintahan, itu dikarenakan di saat banjir melanda, akses jalan terputus dari dua dusun diantaranya Dusun Matajang dan Bacu -Bacu.

Bukan hanya itu Aktivitas pemerintahan pun terhalang, itu dikarenakan kantor kepala Desa lalabata berada di sebelah timur terowongan, untuk ke kantor desa warga harus melintasi terowongan,namun dikala banjir maka masyarakat tidak bisa lewat.

H.Reza sapaan akrabnya menambahkan, bukan hanya itu terhalangnya air gunung ke laut menenggelamkan lahan warga di Dusun Lalabata, hingga produktifitas pertanian warga di dusun lalabata menurun.ungkapnya

Sekedar diketahui PT. Celebes Railway Indonesia merupakan perusahaan yang bertugas dalam perawatan pembangunan Rel Kereta Api di Balai Pengelolaan KA Sulsel. turut hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya, Kepala Desa Terpilih Aris Tahir, Sekdes Lalabata Dedi said, Ansar Kaur Perencanaan Desa Lalabata, Serta rombongan Balai Pengelolaan KA Sulsel. 

Posting Komentar untuk "Balai KA Sulsel Tindak Lanjuti Komisi I DPRD Barru, Turun Identifikasi Ke Lokasi Terkait Drainase Terowongan KA di Barru"