New Normal bukan hal baru, Konsep PHBS sudah lama di terapkan Pemerintah demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat


BARRU - kibarbarru.com - OPINI Hingga Saat ini wabah pandemi covid - 19 masih menjadi hambatan aktivitas masyarakat, Virus yang secara massif menjangkit masyarakat tanpa tebang pilih, Mulai dari Pejabat, Kepala Daerah, Petugas Kesehatan, Hingga masyarakat yang menjadi korban.

Berbagai upayah yang dilakukan pemerintah mulai pusat hingga ke daerah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah yang mempengaruhi sendi sendi kehidupan masyarakat yang menghambat perputaran perekonomian masyarakat, Aktivatas ibadah ummat, Hingga nyaris semua mata pencaharian masyarakat terkena dampak.

Sampai saat ini belum ada program jitu yang begitu nyata di rasakan masyarakat dibalik masalah ekonomi mereka, dimulai dari kebijakan di rumah tanpa aktivtas, Pembatasan Sosial Berskala Besar, Hingga penyusunan konsep New Normal seolah menjadi solusi jitu demi mentaktisi segala masalah yang hadir, agar aktivitas masyarakat pun tetap berjalan di tengah wabah ini.

Menurut Ketum PB Kesatuan Aktivis Barru KIBAR Fahrul islam menuturkan bahwa konsep New Normal sebenarnya hanya penamaan konsep belaka,di dalamnya hanya menjelaskan terkait aktivitas masyarakat yang harus memenuhi standar protokol kesehatan, Padahal inti dari semua konsep itu pada intinya konsep PHBS yaitu perilaku hidup bersih dan sehat.

Secara idealnya PHBS sebenarnya sudah lama di terapkan pemerintah, bahkan secara pasti semua Dinas Kesehatan yang ada di indonesia sudah melaksanakan program ini, Namun pelaksanaannya tak pernah mendapatkan dampak keberhasilan, Dimana belum mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya PHBS. Karena Konsep ini tidak dianggap begitu penting, Terbukti wabah ini mampu menyebar secara massif di indonesia, Andai PHBS ini sudah menjadi tradisi maupun budaya maka indonesilah salah satu negara yang akan minim angka terjangkit virus ini.

Kesemuanya itu dikarenakan selain dari programnya yang dilaksanakan tidak secara serius, Disisi lain, Pemberdayaan Para tenaga Preventif ( Pencegahan ) bagai hilang di telan bumi, seolah tenaga preventif ini tidak memiliki ruang bahkan di batasi peluang mereka untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negaranya, Terbukti semua penerimaan abdi negara di indonesia, Rata rata semua daerah di indonesia peluang tenaga preventif hampir nyaris tidak ada, Seolah tenaga kuratif yang selalu mendominasi peluang tersebut.

Sebenarnya dalam penanganan kesehatan ada dua yaitu tenaga preventif dan kuratif, tenaga preventif ini yang bertugas untuk melakukan pencegahan diantaranya menyusun kebijakan kesehatan, melakukan edukasi kesehatan melalui promosi kesehatan, Sedangkan tenaga kuratif ialah petugas medis yang menangani pasien yang menderita penyakit.

karena pada akhir dari kesemuanya itu ialah bagaimana mengajarkan masyarakat akan pentingnya hidup bersih sesuai konsep PHBS, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan ilmu kesehatan masyaraka yang di cetuskan bapak IKM Winslow. Tutur, Alumni Universitas Indonesia Timur Makasaar Fakultas Kesehatan Masyarakat Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan.

Posting Komentar untuk "New Normal bukan hal baru, Konsep PHBS sudah lama di terapkan Pemerintah demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat"