Tiga BPD Desa di Kecamatan Tanete Rilau Gelar Musyawarah Antar Desa, Ini yang di Bahas


BARRU - Kibarbarru.com Badan Permusyawaratan Desa dari tiga Desa diantaranya Desa Lalabata, Desa Pancana, Serta Desa Corawali menggelar Musyawarah antar di Aula Langkanae Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Jumat (16/09/2022).

Musyawarah antar Desa tersebut digelar dengan membahas normalisasi sungai dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bungi yang menghubungkan tiga Desa diantaranya Desa Lalabata, Desa Pancana, dan Desa Corawali.

Sungai yang menghubungkan tiga Desa tersebut menjadi perhatian dikarenakan sudah menjadi pendangkalan akibat sedimentasi yang telah menumpuk di sungai sehingga implikasinya membuat sungai dangkal yang mengakibatkan banjir dikala musim hujan karena sungai sudah tak mampu menampung debit air yang besar.

Menurut Ketua BPD Desa Lalabata menuturkan sungai yang menyambungkan tiga Desa ini menjadi perhatian khusus sebagai upaya kita untuk meminimalisir dampak banjir yang membenamkan lahan Pertanian dan Tambak warga.

Semoga Hasil dari musyawarah antar Desa ini mampu menghasilkan rekomendasi untuk dimasukkan dan dikawal masuk dalam Musrenbang Desa, kecamatan Hingga Kabupaten dan mampu di tindak lanjuti oleg instansi terkait baik dari Provinsi hingga ke Pusat. ungkapnya

Senada dengan Ketua BPD Desa Pancana Irfan Jalil menuturkan normalisasi sungai ini sangat menjadi perhatian karena kondisi sungai di pancana pun sudah mengalami pendangkalan.

Begitupun Ketua BPD Desa Corawali Irwan menuturkan menjadi kesyukuran adanya pertemuan musyawarah antar Desa ini dan ucapan terimakasi atas inisiasi yang dilakukan BPD Desa Lalabata. Ungkapnya.

Pembahasan dalam musyawarah tersebut menetapkan dasar peraturan untuk membentuk dasar acuan pembentukan Dokumen pengajuan untuk memasukkan dalam perencanaan masih - masing Desa di musrembang Desa, hingga Kabupaten.

Sekedar diketahui Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya pemerhati Sungai Ir. Agus Zaenal M.SI, Ir. Amir Rahman  Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Karang Taruna Desa Lalabata , Jajaran BPD Desa Lalabata, Jajaran BPD Desa Pancana, serta Jajaran BPD Desa Corawali serta tokoh masyarakat dan Pemuda Desa Lalabata.(*)


Posting Komentar untuk "Tiga BPD Desa di Kecamatan Tanete Rilau Gelar Musyawarah Antar Desa, Ini yang di Bahas"