Konsep Ketahanan Pangan Menurut Ir. Agus Zaenal M.Si : Program Tersebut Harus Tepat Sasaran

BARRU - kibarbarru.com OPINI - Ketahanan pangan merupakan program pemerintah untuk memastikan kesiapan warga dalam segi pangan untuk menjadi cadangan makanan sepanjang tahun secara berkelanjutan

Menurut Ir. Agus kepastian maupun kecukupan makanan setiap keluarga mampu menyiapkan cadangan makanannya sepanjang tahun secara terus menerus atau berkelanjutan.

Sehingga mantan Dosen Uncen Cendrawasih tersebut mengemukakan, bahwa dengan adanya program Pemerintah yang membebankan anggaran Desa tentang program ketahanan pangan harus tepat sasaran.

Sehingga cadangan makanan untuk bertahan hidup masyarakat terpenuhi secara berkelanjutan, langkah yang harus dilakukan pemerintah dalam mengintervensi program ketahanan pangan ini memakai SDM yang paham dan mampu memastikan tepat sasaran ke Masyarakat, ungkapnya.

Menurutnya, sebelum menurunkan program tersebut , pemerintah harus mengacu pada klasifikasi data mata pencaharian di desa, sehingga programnya tepat sasaran, apalagi di sektor pertanian antara petani penggarap dengan pemilik lahan harus di pisahkan sebelum memutuskan kebijakan program

Lanjut Disampaikan Bahwa Pemerintah Desa Lalabata harus membentuk klompok dengan SDM yang memiliki pemahaman menegerial dan paham tentang program tersebut, sehingga program hadir menyelamatkan kebutuhan masyarakat.

Sebelum menurunkan program pemerintah harus membentuk kelompok secara terbuka sehingga mampu mengakomodir SDM Masyarakat yang layak dalam mengelolah program tersebut.ucapnya.

Posting Komentar untuk "Konsep Ketahanan Pangan Menurut Ir. Agus Zaenal M.Si : Program Tersebut Harus Tepat Sasaran"