Dihadapan Dua Guru Besar Unhas, Abustan Paparkan Kesiapan Barru jadi KEK Sulsel


MAKASSAR - kibarbarru.com Menerima Undangan dari Pemprov Sulsel, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si utus delegasi Tim Ekonomi Kabupaten Barru yang dipimpin Sekretaris Daerah Dr. Ir. Abustan, M.Si untuk mengikuti Rapat Kordinasi terkait Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Barru di Bappelitbangda Provinsi Sulsel.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Sulsel Drs. Muhammad Firda M.Si, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulawesi Selatan Prof Syamsu Alam bersama Kepala Bappelitbangda Provinsi, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sulsel, Kepala BPKAD Sulsel, Kadis Perindustrian Sulsel beserta jajarannya, Kemarin Senin (29/6/2020).

Abustan kemudian memaparkan beberapa isu strategis baik skala global, nasional maupun regional sulsel untuk menjawab pertanyaan mengapa Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Selatan sudah sangat dibutuhkan.

“Otonomi daerah di era reformasi digital yang didukung dengan semakin ramainya selat Makassar sebagai alur pelayaran internasional disertai pemindahan ibu kota Negara di Pulau Kalimantan menjadikan Kawasan Indonesia Timur khususnya Sulawesi Selatan sebagai masa depan Indonesia” Buka Doktor di bidang Perencanaan Wilayah ini.

“Akses jalan darat dan akses pelabuhan laut dengan segenap keunggulan seperti terbangunnya rel kereta api di pesisir barat pulau Sulawesi menjadikan Barru yang memiliki kolam pelabuhan alam terdalam dan potensi pengembangan terluas disertai mitigasi bencana teraman serta posisi strategis yang kesemuanya memenuhi syarat untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Selatan” paparnya di hadapan beberapa Guru Besar Unhas yangterhimpun dalam TGUPP Sulawesi Selatan.

“Dari sisi regulasi, Barru telah sejak awal memiliki rencana detail tata ruang Kawasan Emas (Sepe’e. Mangempang, dan Siawung) dengan komitmen pemerintah dalam bentuk beberapa dukungan produk hukum dan menjadi yang paling siap untuk menjadi pusat kegiatan ekonomi” Tambah Alumnus Universitas Hasanuddin ini meyakinkan.

Prof Syamsu Alam selaku Ketua TGUPP Sulsel menyampaikan bahwa Tim Ekonomi Kabupaten Barru yang ditugaskan oleh Bupati Barru Suardi saleh ini dipimpin langsung oleh Sekda Barru bersama Plt. Kepala Bappeda Umar, Kadis DPMPTSP dan Naker Syamsir, Kadis Lingkungan Hidup M.Taufik Mustafa,  Kadis PUPR Baharuddin dan Kabag Ekonomi Muhaemi. 

(Humas Diskominsta Barru)

Posting Komentar untuk "Dihadapan Dua Guru Besar Unhas, Abustan Paparkan Kesiapan Barru jadi KEK Sulsel"