Tercyduk! Tim Pemenangan Pasangan Tertentu di Pilkada Barru Diduga Lakukan Politik Uang

BARRU - kibarbarru.com  Media sosial facebook dihebohkan dengan dugaan penemuan politik uang yang diduga dilakukan oleh pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Barru. Tepatnya di Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Balusu.

Dalam postingan itu, tampak dalam foto yang beredar dua orang warga berdiri berdampingan. Salah satu diantaranya memegang uang sebanyak Rp150.000 dengan rincian satu uang pecahan Rp100.000 dan satu uang pecahan Rp50.000.

Pelaku politik uang itu diduga adalah kubu penantang Suardi Saleh-Aska Mappe. Sebab jika mengacu pada tren survei, sisa kecurangan yang bisa mengalahkan SS-AK. Sehingga bisa saja ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menghalalkan segala cara.

Terkait hal itu, salah seorang warga Takkalasi, Rusli Juna mengatakan jika warga telah melapor ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Balusu atas temuan dugaan politik uang tersebut. "Setelah kami dapatkan, kami langsung laporkan ke Panwascam untuk ditindak," kata Rusli, Selasa (8/12/2020).

Rusli mengaku jika oknum terduga pemberi uang kepada warga itu berhasil meloloskan diri. Karenanya, yang berhasil diamankan adalah penerima. "Yang memberikan tidak kami dapat, dia lolos. Tapi berdasarkan pengakuan warga yang menerima kalau uang tersebut dari salah satu pasangan calon," ungkapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pancana, Andi Saifullah mengatakan bahwa di wilayahnya gencar berhembus isu jika ada uang yang akan diedarkan oleh pasangan calon tertentu. "Kalau disini masih sebatas wacana, belum ada yang kami dapatkan," ujarnya.

Walau demikian, Andi Saifullah mengaku jika sebelumnya pernah terjadi pembagian sembako di wilayahnya. Menurutnya, pembagian sembako itu juga didapatkan secara langsung oleh warga setempat.

"Kalau di Pancana, kemarin pernah ada pembagian sembako. Itu didapat langsung juga oleh warga. Bahkan, sembako yang akan diedarkan itu sudah dilaporkan juga ke Panwascam," pungkasnya. (*fid)

Posting Komentar untuk "Tercyduk! Tim Pemenangan Pasangan Tertentu di Pilkada Barru Diduga Lakukan Politik Uang"