Hasnah Syam Gandeng Dirjend Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Gelar Sosialisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan

drg.Hj.Hasnah Syam MARS Anggota DPR RI Komisi IX saat memberika sambutan di depan Dirjend Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dan Para Vaksinator

BARRU - Kibarbarru.com Sosialisasi Pelayanan Kesehatan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan DPR RI Komisi IX drg. Hj.Hasnah Syam MARS di Baruga Singkeru Adae Rujab Bupati Barru Senin (25/04/2022).

Sosialisasi Pelayanan kesehatan Yang di gelar dihadapan para Vaksinator se - kabupaten Barru bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi para Vaksinator dikabupaten Barru.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr. Amis saat memberikan sambutannya selaku mewakili Bupati barru.

Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Barru tersenut melaporkan kondisi Covid 19 Barru Yang hadir sebagai peserta sosialisasi merupakan tim Vaksinator seluruh kabupaten barru, sebagai bekal bagi peserta untuk mengembangkan pengetahuannya terutama mengenai aturan yang sering berjalan mengalami perubahan.

Lapora  Vaksinasi  Barru mengalami staknasi vaksinasi utamanya anak SD dikarenakan bulan puasa sekolah dalam keadaan libur , dr .Amis menjelaskan persentase secara keseluruhan vaksin pertama di kabupaten Barru kurang lebih 80 persen sedangkan Vaksin anak mencapai 59 persen serta lansia 54 persen. tutur dr.Amis melaporkan.

Sementara itu Anggota DPR RI Komisi IX drg.Hj Hasnah Syam MARS dalam kesempatannya memberikan sambutannya mengucapkan selamat datang Direktorat Jenderal Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI di Barru.

Kementerian Kesehatan beserta perangkat kerjanya merupakan sala satu diatara sekian bidang yang masuk dalam kemitraan Komisi IX DPR RI.

Bu dokter menjelaskan perannya selama menjabat sebagai Anggota DPR RI kurang lebih tiga tahun menjadi bagian mitra kementerian kesehatan.

Dirinya menjelaskan komitmenya selaku anggota DPR RI untuk bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Dapilnya utamanya di Kabupaten Barru secara khusus.ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Barru.

Istri Bupati Bupati Barru dua periode tersebut menyinggung pula implementasi GERMAS dirinya pun menjelaskan
Kesehatan adalah salah satu hak dasar manusia yang utama, saat ini masih sangat besar masalah yang kita hadapi terlebih dalam masa pandemi covid 19, sehingga mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia, maupun di dunia sekalipun. 

Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

Secara menyeluruh Bu Dokter pun memaparkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Gerakan ini juga merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai dari menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan,  menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Dirinya pun menjelaskan Dalam penerapannya,  ada 7 (tujuh) langkah penting dalam mewujudkan Germas ini yaitu Melakukan Aktivitas Fisik, Makan Buah dan Sayur, Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Cek Kesehatan Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan, dan Menggunakan Jamban.tutupnya.

Sekedar diketahui  turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjend pelayanan kesehatan RI Elisabet, Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr . Amis, Anggota DPR RI Komisi IX drg.Hj.Hasnah Syam MARS, Kepala BPFK Tuti Julwiah Alwi, serta para Vaksinator se - Kabupaten Barru.

Posting Komentar untuk "Hasnah Syam Gandeng Dirjend Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Gelar Sosialisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan"