Didampingi Bunda Forum Anak Colliq Pujie, Suardi Saleh Buka Musrembang Anak

Forum Anak Colliq Pujie drg.Hj.Hasnah Syam MARS Bersama Bupati Barru
  
BARRU - kibarbarru.Com Sebagai mantan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah di salah satu Kabupaten di Sulsel, Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si, terus mengaplikasikan model pembinaan perencanaan berbasis stakeholder.

Siang tadi, Bupati Suardi Saleh didampingi Bunda Forum Anak Colliq Pujie drg. Hj. Hasnah Syam MARS membuka Musrembang Anak di Baruga Singkerru Adae Rujab Bupati Barru, Sabtu (19/03/2022)

Kegiatan yang telah Dua tahun terakhir ini di inisiasi di Daerah yang sedang menuju Kabupaten Layak Anak ini, menghimpun perwakilan anak dari berbagai Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk bersama membahas dan mengusulkan rencana pembangunan dalam konteks Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Anak.

Dalam arahannya, Bupati Suardi Saleh menyebut tujuan Musrenbang Anak, diantaranya agar seluruh komponen bangsa, yaitu negara, pemerintah dan masyarakat serta keluarga dan orang  bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tampa perlakuan diskriminstif. 

"Ahamdulillah kita di Kab Barru selama 5 tahun terakhir telah banyak berbuat terkait dengan berbagai macam kebijakan yang telah dilakukan, khususnya yang berhubungan  dengan anak", beber Bupati lalu menyebut salah satunya adalah telah menambah pembangunan Fasilitas ruang bermain ramah anak di alun-alun Colliq Pujie dan Taman Melati.

Dirinya menyebut bahwa Kegiatan Musrembang Anak merupakan salah satu wujud perhatian  Pemerintah Kab. Barru terhadap pemenuhan hak yaitu hak anak untuk berpastisipasi dalam perencanaan pembangunan. 

Diakhir sambutannya, Bupati Barru mengharapkan Musrembang Anak, menyusun  perencanaan melalui empat pendekatan dintaranya.

Pendekatan searah dengan mewujudkan visi misi Pemda Baru, Pendekatan Partisipatif dengan keterlibatan elemen masyarakat termasuk lembaga perlindungan anak, dan Pendekatan Teknokratis, yaitu memilah program  berdasarkan kajian untuk menetapkan  skala prioritas. 

Serta Pendekatan Perencanaan dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah, (Botton Up Planning dan Top Down Planning) sehingga perencanaan  tidak diskrimanitif.

Kegiatan Musrenbang Anak merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh DPMD, PPKB, dan PPPA Kabupaten Barru, dibawah Kordinasi Jamaluddin, S.Sos, MH selaku Kepala Dinas bersama jajarannya.

(Humas Barru)

Posting Komentar untuk "Didampingi Bunda Forum Anak Colliq Pujie, Suardi Saleh Buka Musrembang Anak "