Bupati Barru Sambut Rombongan PT Pelindo, Tergiur Potensi Pelabuhan Garongkong

(  Foto : Bupati Barru Suardi Saleh Saat Bersama Rombongan PT. Pelindo )


BARRU - kibarbarru.com Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh,M.Si menerima kunjungan rombongan PT Pelindo di Rumah Jabatan Bupati Barru, Selasa, 8/3/2022.

Rombongan tersebut diantaranya
Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono
Direktur Strategi PT Pelindo Prastiyo, Komisaris Pelindo Mukhtar Andi Lutfhi Mukti
Regional PT Pelindo Rahmat dan Kepala Pelindo Parepare.

Mengawali  sambutannya Bupati Barru menyampaikan rasa  bahagianya karena Kabupaten Barru ini semakin banyak yang meminati untuk berinvestasi. Dirinya menyambut baik hal itu termasuk PT Pelindo.

Dihadapan rombongan, Bupati Barru menjelaskan Kabupaten Barru berpenduduk 183,203 jiwa, terdiri 7 Kecamatan 40 Desa dan 15 Kelurahan. Kabupaten Barru memiliki panjang pantai 78 KM hampir sama dengan jalan provinsi dari perbatasan Pangkep dan Parepare.

Sehingga katanya, Daerah ini sangat strategis apalagi hadirnya pelabuhan Garongkong yang siap dijadikan Kewasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Untuk KEK ini, sudah dibebaskan 3000 hektar dan sudah ditetapkan menjadi kawasan industri. Lahan 3000 hektar ini tidak ada lagi aktivitas lain selain  industri ,"sebutnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan,  Kawasan pelabuhan Garongkong sudah rancang sejak 2009, Perda sudah siap, lahan sudah siap, tinggal kita diskusikan secara detail kepada pihak Pelindo untuk rancangan pengembangan. 

Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya di Kabupaten Barru menyampaikan sejak  1 Oktober tidak ada lagi  Pelindo 1 ,2 3 sampai 4. Sekarang  menjadi satu yakni PT Pelindo.

Target kami dari Pelindo adalah menjadi perhatian khusus bagi kawasan Indonesia Timur dalam mengembangkan pelabuhan.

"Kami dari Pelindo, ada beberapa persyaratan dalam pengelohan pelabuhan, salah satu persyaratan Lokasi yang mempunyai pelabuhan yang dalam, dan pelabuhan garongkong sangat bersyarat karena memiliki kedalaman kurang lebih 23 meter dan lahan kurang lebih 3000 Hektar.", jelasnya. 

Sejujurnya kata dia,  pihak PT Pelindo Ke Kabupaten Barru mencari lokasi yang menjadi tujuan utamanya.Garongkong salah satunya kalau melihat yang dipersyaratkan sangat  strategis dan memiliki kedalaman laut terdalam di Indonesia.

Kehadiran rombongan ini, dindampingi Bupati dan rombongan Pemda melihat langsung lokasi perencanaan pengembangan di pelabuhan Garongkong dan Palie Desa Madello Kec. Balusu.

Turut hadir Sekretaris Daerah Dr. Abustan AB, M.Si, hadir Kepala Bappeda Umar SKM, Kepala DPMPTSP Syamsir, Kepala Bagian Perekonomian Muhaemin P, Kabag Adm, Pembangunan Andi Unru, Camat Barru Andi Hilmanida dan Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam.

(Humas Barru)

Tag : #BARRU

Posting Komentar untuk "Bupati Barru Sambut Rombongan PT Pelindo, Tergiur Potensi Pelabuhan Garongkong"